Rabu, 21 Maret 2011 - 17:54:28 WIB
Komite CODEX Untuk Kontaminan Pangan
Diposting oleh : Administrator
Kategori: AFTLC - Dibaca: 214 kali

Batas Maksimum Kontaminan dalam pangan secara internasional ditentukan pada sidang Codex Committee on Contaminant in Food (CCCF). Sidang ke 5 CCCF berlangsung pada tanggal 21-25 Maret 2011 di Novotel World Forum Convention, The Hague, Belanda. Sidang membahas Batas Maksimum Melamin pada pangan untuk formula (liquid infant formula); Batas Maksimum deoxynivalenol (DON) and is acetylated derivatives dalam cereals and cereal-based products; Batas Maksimum total aflatoxin  pada dried figs.

PPMB mengirim perwakilan sebagai anggota Delegasi Indonesia untuk lebih melibatkan personel personel teknis dalam penyusunan standar internasional, serta memberikan masukan terkait pengetahuan teknis dalam hal kemampuan pengujian kandungan kontaminan dalam pangan.

Beberapa kandungan kontaminan yang diusulkan pembahasannya pada sidang berikutnya antara lain kandungan arsenic dalam beras, kandungan Ochratoxin A pada kakao, discussion paper mengenai furan, discussion paper mengenai pyrrolizidine alkaloids (Pas) .