Kamis, 16 Januari 2014 - 16:48:50 WIB
Rapat Koordinasi Jejaring Laboratorium Pengujian Pangan Indonesia (JLPPI)
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Lab.Acuan - Dibaca: 1333 kali

Rapat Koordinasi Jejaring Laboratorium Pengujian Pangan Indonesia (JLPPI) di Gedung Manggala Wanabakti Jl. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta 10270 diselenggarakan dalam rangka menindaklanjuti hasil breakfast meeting JLPPI tanggal 14 Mei 2013 dengan jajaran eselon I, II dan/atau yang mewakili, dimana dalam breakfast meeting tersebut membahas diantaranya tentang rencana pemetaan laboratorium pengujian pangan tiap kementerian atau instansi teknis, aspek legal legitimasi JLPPI melalui SK Menteri serta hal lain terkait legitimasi JLPPI.

Agenda yang diselenggarakan dalam rapat koordinasi JLPPI antara lain yaitu pelaporan laboratorium terakreditasi tiap kementerian atau instansi teknis, laporan Ditjen IA Kemenperin mengenai upaya legitimasi JLPPI melalui Permenperin JLPPI dan hal-hal lain terkait pembentukan JLPPI.

Pemaparan sub jejaring laboratorium pengujian pangan yang sudah diakreditasi KAN BSN tiap kementerian atau instansi teknis.

• Kementan memaparkan akan memiliki 5 (lima) Sub Sub Jejaring yang disusun per- Ditjen dengan masing-masing koordinator sub sub jejaring dan 1 (satu) Koordinator Sub Jejaring Kementan yaitu Dit. Mutu & Standardisasi Ditjen PPHP;

• BPOM melaporkan memiliki laboratorium pengujian pangan di 31 propinsi di Indonesia. Namun sub jejaring BPOM sedang dalam penyusunan;

• KKP, Kemenperin dan Kemendag melaporkan sedang menyusun sub jejaring laboratorium masing-masing;

• Laboratorium swasta yang hadir yaitu Sucofindo akan memetakan laboratorium pengujian sektor swasta. Pembahasan mengenai dimana akan diletakkan laboratorium swasta dalam sub jejaring akan dibahas setelah ada pemetaan laboratorium yang dilakukan oleh Sucofindo.