Rabu, 12 September 2018 - 12:05:16 WIB
Sinkronisasi Unit Teknis Pengujian Mutu di Daerah
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Artikel - Dibaca: 5 kali

Pada tanggal 2 – 3 Agustus 2018, Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu, Kemendag menyelenggarakan Sinkronisasi Unit Teknis Pengujian Mutu di Daerah di Hotel Novotel Bogor Golf Resort and Convention Center.

Kegiatan Sinkronisasi Unit Teknis Pengujian Mutu di Daerah dihadiri oleh Kepala UPTD Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu beserta Manajer Teknis/Manajer Mutu dari 32 UPTD BPSMB yang berasal dari 27 provinsi di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan sinergitas dan efektifitas kegiatan Kementerian Perdagangan yang melibatkan UPTD BPSMB baik dalam skema Dekon, DAK maupun dalam bentuk lainnya.
  2. Peserta lebih memahami peran UPTD BPSMB dalam mendukung kebijakan pemerintah di dalam perdagangan dan perlindungan konsumen terutama terkait kebijakan pengawasan post border.
  3. Peserta saling bertukar informasi dan pengalaman bagaimana mengembangkan dan meningkatkan peran serta UPTD BPSMB dalam memberikan pelayanan pengujian, kalibrasi dan sertifikasi kepada pelaku usaha.

Agenda pertemuan diisi dengan diskusi panel dan penyusunan rencana strategis UPTD BPSMB tahun 2018 – 2020.

Dari pertemuan ini diharapkan peran UPTD-BPSMB dapat lebih ditingkatkan untuk mendukung pengawasan mutu barang serta menjamin pemastian kesesuaian produk terhadap standar dan regulasi teknis sehingga produk ekspor Indonesia memiliki daya saing yang tinggi dan produk impor yang masuk ke pasar domestik tidak bermutu rendah.