Rabu, 19 September 2018 - 11:11:42 WIB
Pertemuan Evaluasi Kegiatan dan Serah Terima Kepengurusan JLPPI
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kegiatan - Dibaca: 86 kali

Pada tanggal 14 September 2018, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyelenggarakan Pertemuan Evaluasi Kegiatan dan Serah Terima Kepengurusan JLPPI Tahun 2017-2018 di Hotel Alila, Jakarta. Pertemuan ini diselenggarakan dalam rangka evaluasi kegiatan JLPPI selama kepengurusan 2017-2018 oleh BPOM dan serah terima kepengurusan JLPPI periode 2018-2020 kepada Kementerian Perdagangan. 


 
Saat pertemuan, Ketua Komite Laboratorium Pengujian Pangan Indonesia (KLPPI) juga melakukan penyerahan sertifikat penetapan Laboratorium Rujukan Pengujian Pangan Indonesia (LRPPI) kepada 10 (sepuluh) LRPPI yang terdiri dari 9 (sembilan) LRPPI yang direkomendasikan melalui hasil on-site visit dan satu LRPPI untuk Pengujian Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang ditetapkan melalui penunjukan langsung karena telah menjadi Laboratorium Rujukan ASEAN (AFRL) sejak tahun 2014.
 

 
Sekretaris Utama, BPOM, selaku Pembina kepengurusan JLPPI periode 2017-2018 menyerahkan kepengurusan JLPPI periode 2018-2020 kepada Kementerian Perdagangan. Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN), Kemendag, selaku Pembina kepengurusan JLPPI periode 2018-2020 menandatangani dan menerima Berita Acara Serah Terima tersebut. Dalam sambutannya, Dirjen PKTN menyampaikan bahwa Kemendag melalui Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu (Dit. Standalitu) akan berusaha untuk meneruskan tugas perluasan dan penetapan LRPPI lainnya dalam kepengurusan periode 2018-2020. Selain itu, Kemendag juga akan mendorong LRPPI untuk mengembangkan perannya secara nasional serta merangkul dan meningkatkan sub jejaring dengan laboratorium-laboratorium daerah dan swasta agar meningkatkan dan mensejajarkan kompetensi laboratorium-laboratorium di Indonesia. Selain itu, Dirjen PKTN juga mengarahkan agar LRPPI memperluas jaringan dan hubungan ke laboratorium luar negeri. Kemendag melalui perwakilan di luar negeri seperti Atase Perdagangan dan ITPC akan berusaha untuk mencari peluang untuk tujuan tersebut.