Kamis, 04 Juli 2019 - 17:26:02 WIB
Bimbingan Teknis Pengujian Residu Pestisida
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kegiatan - Dibaca: 20 kali

Direktur Standardisasi dan Pengendalian Mutu, Frida Adiati membuka sekaligus memberikan sambutan kegiatan Bimbingan Teknis Pengujian Residu Pestisida yang dilaksanakan di Dit. Standalitu, Kementerian Perdagangan, pada tanggal 24-26 Juni 2019.

Bimbingan Teknis Pengujian Residu Pestisida diselenggarakan dalam rangka menjalankan tanggung jawab Dit. Standalitu sebagai Laboratorium Rujukan Pengujian Pangan Indonesia (LRPPPI) untuk uji residu pestisida dalam meningkatkan kompetensi personil laboratorium pengujian residu pestisida di Indonesia. Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan sebagai persiapan bagi laboratorium peserta untuk mengikuti kegiatan Uji Profisiensi yanag akan diselenggarakan pada tahun 2019.

Bimtek diikuti 21 peserta dari 21 laboratorium yang terdiri dari 16 laboratorium pemerintah, 1 laboratorium BUMN, dan 4 laboratorium swasta. Narasumber pada kegiatan ini berasal dari Dit. Standalitu dan PT Ditek Jaya. Materi yang disampaikan meliputi Pengetahuan Mutu Komoditi Beras, Validasi/Verifikasi Metode pengujian, Pengantar Praktik Pengujian Residu Pestisida, dan Pengetahuan Peralatan Pengujian Residu Pestisida. Selain mendapatkan materi, peserta juga mempraktikan langsung materi yang didapatkan di laboratorium untuk menganalisis dan mengolah data hasil pengujian.