Selasa, 01 Oktober 2019 - 14:03:10 WIB
Sosialisasi Kepmen no 21/KEPMEN-KP/2019 dan Penyusunan Kepmen tentang Penetapan Kepengurusan dan Keanggotaan JLPPI-KP
Diposting oleh : BKIPM
Kategori: Kegiatan - Dibaca: 77 kali

Sehubungan telah terbitnya Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No.21/KEPMEN-KP/2019 tentang Petunjuk Teknis Sub Jejaring Laboratorium Pengujian Pangan Indonesia sektor Kelautan dan Perikanan (JLPPI-KP), Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan melalui Pusat Standardisasi Sistem dan Kepatuhan menyelenggarakan Sosialisasi Kepmen no 21/KEPMEN-KP/2019 dan Penyusunan Kepmen tentang Penetapan Kepengurusan dan Keanggotaan JLPPI-KP. Kegiatan dilaksanakan mulai hari Senin, 23 September 2019 s.d Rabu, 25 September 2019 bertempat  di Swiss-Belhotel Bogor, Jawa Barat. Kegiatan dihadiri oleh 92 peserta yang merupakan perwakilan dari instansi calon anggota JLPPI-KP yang terdiri dari: perwakilan  47 Unit Pelaksana Teknis KIPM, perwakilan Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Pengujian Mutu Daerah (Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi dan Kota), Pejabat fungsional Pengawas Mutu Hasil Perikanan , Pejabat fungsional Pengendali Hama Penyakit Ikan (PHPI) serta perwakilan Eselon I dan II lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan yang memiliki laboratorium pengujian pangan.

Narasumber JLPPI

Narasumber yang hadir pada kegiatan ini antara lain:

  1. Kepala Pusat Standardisasi Sistem dan Kepatuhan dengan materi Program Jejaring Laboratorium Pengujian Pangan Indonesia sektor Kelautan dan Perikanan (JLPPI-KP)
  2. Prof. Dedi Fardiaz dengan materi JLPPI dan Tantangan Pengujian Pangan di Masa Depan
  3. Dr. Sukoco, S.TP., M.S.E, Kepala Subdit Kelembagaan Standardisasi Dir. Standardisasi & Pengendalian Mutu Kemendag, dengan materi Peran JLPPI dalam Meningkatkan Daya Saing Global Produk Perikanan.
  4. Prof. Dr. Harsi Dewantari K dengan materi isu terkini kasus mikrobiologi hasil perikanan
  5. Dr. Ir. Hanifah Nuryani Lioe, M.Si dengan materi isu terkini dalam pengujian kimia hasil perikanan
  6. Aroem Naroeni, S.Si, DEA, PhD dengan materi Sistem Manajemen Biorisiko Laboratorium SNI 8340:2016
  7. Kepala Bidang MM Pusat SSK BKIPM dengan materi Sosialisasi Kepmen KP No. 21/KEPMEN-KP/2019 dan pembahasan logo JLPPI KP
  8. Kepala BUSKIPM  dengan materi Peran BUSKIPM sebagai LRPPI dalam mendukung JLPPI-KP

Selain pemaparan materi pada kegiatan ini juga terdapat agenda lain diantaranya adalah pembahasan Draft Kepmen KP tentang Penetapan Kepengurusan dan Keanggotaan JLPPI- KP yang diharapkan tahun 2019 sudah dapat diselesaikan juga pembahasan rumusan tindak lanjut kegiatan JLPPI KP.




Apycom jQuery Menus