Jumat, 17 April 2020 - 11:59:06 WIB
LRPPI BBIA Membuat Hand Sanitizer Sendiri!!
Diposting oleh : LRPPI Mikotoksin pada Bahan Baku dan Bahan Antara Pangan
Kategori: Kegiatan - Dibaca: 122 kali

Di tengah wabah virus Corona yang semakin meluas, salah satu anjuran pemerintah yang penting dilakukan adalah mencuci tangan sesering mungkin. Apabila tidak menemukan air dalam jarak yang dekat, maka disarankan menggunakan hand sanitizer. Seperti halnya masker yang semakin sulit dicari dan mahal, begitu juga dengan ketersediaan hand sanitizer di pasaran juga semakin langka karena tingginya permintaan dan harganya pun semakin melonjak naik.

Menghadapi hal seperti ini, BBIA sebagai Laboratorium Rujukan Pengujian Pangan Indonesia (LRPPI) yang memiliki kompetensi bidang kimia berinisiatif untuk membuat hand sanitizer sendiri dengan memberdayakan sarana laboratorium yang dipunyai. Formulasi hand sanitizer ini dibuat sesuai dengan standar pembuatan hand sanitizer yang direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO), yaitu ethanol 96%, hidrogen peroksida 3%, gliserol 98%, dan air dengan perbandingan masing-masing 83,33 : 4,17 : 1,45 : 11,05.

 Hand sanitizer untuk internal pegawai BBIA

Hand sanitizer untuk internal pegawai BBIA

Hasil pembuatan hand sanitizer ini dimanfaatkan untuk kebutuhan internal pegawai BBIA dengan pemasangan fasilitas hand sanitizer di beberapa sudut area BBIA. Selain itu, masing-masing pegawai diberikan hand sanitizer agar dapat menggunakannya jika diperlukan. Pemberian hand sanitizer ini juga disertai dengan pemberian masker dan multivitamin untuk menjaga imunitas para pegawai BBIA.

Selain untuk keperluan internal, BBIA juga terketuk untuk berbagi dengan sesama terutama mendukung Tim Medis yang mempunyai potensi resiko tinggi dan berjuang di garis depan dalam rangka penanganan pasien COVID-19 ini. Oleh karena itu, pada tanggal 13 April 2020, BBIA memberikan Donasi berupa Hand sanitizer ke RS PMI Bogor, Puskesmas Pancasan, dan Puskesmas Bondongan di Bogor. Hand sanitizer ini diberikan dalam kemasan jerigen dan diproduksi 100% oleh internal BBIA.

 Hand sanitizer buatan BBIA

Hand sanitizer buatan BBIA

Bantuan Hand sanitizer dari BBIA ini diberikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha (Ibu Yulma Santi), Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi dan Alih Teknologi (Bapak Gusti Nova Sembiring) dan Kasie Alih Teknologi dan Inkubasi (Bapak Ade Herman Suherman).

 Penyerahan bantuan Hand sanitizer salah satunya ke Puskesmas Pancasan Bogor

Penyerahan bantuan Hand sanitizer salah satunya ke Puskesmas Pancasan Bogor

LRPPI BBIA berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi tim medis maupun pengunjung yang datang dalam rangka mencegah penyebaran virus COVID 19. Mohon dukungannya semoga BBIA terus dapat berkontribusi bagi masyarakat serta kita doakan semoga pandemi ini segera berlalu dan masyarakat Indonesia selalu sehat.

Oleh : Tim Penulis BBIA