Senin, 22 November 2021 - 17:52:07 WIB
Bimbingan Teknis LRPPI Cemaran Logam dan Bahan Kontak Pangan 2021
Diposting oleh : LRPPI Bahan Kontak Pangan
Kategori: Kegiatan - Dibaca: 366 kali

 

Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPPOMN) sebagai Laboratorium Rujukan Pengujian Pangan Indonesia (LRPPI) Bahan Kontak Pangan dan Cemaran Logam dan Mineral telah menyelenggarakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Cemaran Logam dan Bahan Kontak Pangan pada tanggal 25 – 29 Oktober 2021. BIMTEK ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi anggota JLPPI dalam pengujian migrasi dari bahan kontak pangan, khususnya pengujian migrasi cemaran logam timbal (Pb) dan kadmium (Cd) dari bahan kontak pangan plastik, kaleng, gelas dan keramik secara Spektrofotometri Serapan Atom. Hal ini sejalan dengan Peraturan BPOM No. 20 tahun 2019 tentang Kemasan Pangan dimana kemasan pangan ataupun bahan kontak pangan yang beredar wajib menyesuaikan dengan peraturan tersebut.

BIMTEK diselenggarakan selama 5 (lima) hari di laboratorium Kimia Pangan dan Air, PPPOMN secara luring. Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari  Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan, BBPOM di Padang, BBPOM di Bandar Lampung, BPOM di Mataram, BPOM di Pontianak, BBPOM di Semarang, BBPOM di Manado, BPOM di Gorontalo dan Balai Pengujian Khusus Obat dan Makanan.

 Paparan materi BIMTEK oleh Narasumber disampaikan secara daring

Kegiatan bimtek terdiri dari paparan materi oleh narasumber, praktikum di laboratorium, serta pemaparan hasil praktikum dan diskusi. Materi mengenai “Migrasi Cemaran Logam pada Kemasan Pangan dan Analisanya” disampaikan oleh narasumber Dr. Endang Warsiki, STP., M.Si. dari IPB dan “Update Isu Migrasi Kemasan Pangan dan Bahayanya bagi Kesehatan” disampaikan oleh narasumber Dr. Akbar Hanif Dawam A., MT. dari BRIN, sedangkan praktikum Pengujian Migrasi Cemaran Logam pada Kemasan Pangan secara Spektrofotometri Serapan Atom diberikan oleh instruktur laboratorium Briliana Agrawati, S.Si dari PPPOMN. Pada akhir kegiatan ini juga dilaksanakan presentasi hasil yang disampaikan oleh peserta bimtek  dan disampaikan paparan serta diskusi untuk pemecahan masalah dan solusi pengujian migrasi cemaran logam pada bahan kontak pangan secara spektrofotometri serapan atom oleh narasumber Suyanto, M.Si. dari PPPOMN.

 Preparasi sampel dan pengukuran kadar migrasi logam secara AAS

Kegiatan BIMTEK Cemaran Logam dan Bahan Kontak Pangan ini terselenggara dengan baik dengan dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh peserta. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan personel penguji, terutama metode pengujian migrasi cemaran logam dari bahan kontak pangan.

 Foto bersama peserta dengan Kepala PPPOMN

 

Oleh: Haysyska dan Cita Tri Aryuni (Poksi Kimia Pangan dan Air, PPPOMN)