Senin, 04 Juli 2022 - 10:40:51 WIB
Rapat Koordinasi Hambatan Ekspor PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR Tbk
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Kegiatan - Dibaca: 121 kali

Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu, Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga menyelenggarakan rapat koordinasi dengan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Purwakarta pada 29 Juni 2022. Tujuan rapat koordinasi hari ini untuk membahas permasalahan hambatan ekspor untuk negara Uni Eropa dan negara yang mengacu pada regulasi Uni Eropa terutama pada produk PT. Indofood.

Rapat yang dilaksanakan secara online melalui Zoom Meetings dibuka oleh Direktur Standardisasi dan Pengendalian Mutu, Rr. Dyah Palupi serta dihadiri oleh Kepala Divisi PDQC FID, Quality Manager, dan Laboratory Manager dari PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk. Perwakilan dari Direktorat Standardisasi yaitu Ketua Tim Perumusan dan Penerapan Standar, Ketua Tim Pembinaan SDM & LPK, Ketua Tim Kelembagaan Standardisasi dan Sarana Mutu serta Kepala Balai Pengujian utu Barang.

PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk selaku anggota Jejaring Laboratorium Pengujian Pangan Indonesia (JLPPI) mengirimkan permohonan training atau advisor untuk mengaplikasikan regulasi Uni Eropa ke produk ekspor yang diproduksi terutama untuk komoditi yang sesuai dengan regulasi yang ada. Direktorat Standalitu memberikan informasi terkait tata cara melakukan ekspor ke Uni Eropa beserta tautan sumbernya jika ingin memperdalam, informasi regulasi SPS dan TBT, serta resume notifikasi impor Uni Eropa untuk produk mie instan dari seluruh negara pengekspor melalui aplikasi EU-Rapid Alert System for Food and Feed. Dari informasi resume notifikasi ini, dapat diketahui permasalahan yang paling sering terjadi dan resikonya yang paling besar sehingga paling prioritas dilakukan mitigasi pencegahannya. Selain itu, PT Indofood juga dapat menghubungi perwakilan perdagangan, yaitu atase perdagangan serta ITPC Kementerian Perdagangan yang ada di negara-negara tujuan ekspo