Rabu, 03 Agustus 2022 - 15:21:06 WIB
BIMBINGAN TEKNIS LRPPI CEMARAN MIKOTOKSIN DALAM PANGAN 2022
Diposting oleh : LRPPI Mikotoksin dalam Pangan Olahan
Kategori: Kegiatan - Dibaca: 103 kali

Core value atau nilai-nilai dasar dari BerAKHLAK personil ASN salah satunya adalah kompeten. Kompetensi personil laboratorium tidak terlepas dari program pelatihan teknis yang dilakukan secara profesional. Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPPOMN) mengemban amanah sebagai Laboratorium Rujukan Pengujian Pangan Indonesia (LRPPI), melakukan kegiatan Bimtek Mikotoksin dalam Pangan, di tahun anggaran 2022.

Bimtek berlangsung selama 5 (lima) hari, dari tanggal 27 Juni 2022 hingga 1 Juli 2022 dengan diikuti oleh 23 peserta, yaitu BBPOM di Manado, BBPOM di Surabaya, BBPOM di Pekanbaru, BBPOM di Jakarta, BBPOM di Palangkaraya, BBPOM di Denpasar, BBPOM di Serang, Balai Pengujian Khusus Obat dan Makanan, personil PPPOMN dan perwakilan Direktorat Pengawasan Peredaran Pangan Olahan.

Peserta LRPPI Mikotoksin 2022

 

Bimtek dilaksanakan secara profesional dengan mengedepankan mutu materi dan narasumber, bertujuan untuk mengawal Peraturan Kepala Badan POM No.8 Tahun 2018 Tentang Batas Maksimum Cemaran Kimia dalam Pangan Olahan. Sementara produk pangan edar, wajib menyesuaikan dengan peraturan tersebut, sehingga dapat diawasi dengan baik. Tiga judul materi pembelajaran perkuliahan disampaikan secara daring, yaitu “Mikotoksin Pangan, Profil, Risiko dan Kajian Risiko terhadap Kesehatan” oleh guru besar FTP UGM, Prof. Dr. Ir. Endang Sutriswati Rahayu, M.S; “Analytical Methods for the Determination of Mycotoxins in Food”, oleh dosen FTP UGM Dr. Widiastuti Setyaningsih, S.T.P., M.Sc., dan “Regulasi Miktoksin dalam Pangan” oleh Koordinator Kelompok Substansi Standardisasi Bahan Tambahan Pangan, Bahan Penolong, Kemasan, Cemaran dan Cara Ritel Pangan yang Baik, Direktorat SPO, Dra. Deksa Presiana, Apt., M.Kes. Selain kuliah, peserta juga melakukan praktek laboratorium dengan materi Penetapan Kadar Okratoksin-A dalam MP-ASI Berbahan Dasar Serealia secara Kromatografi Cair Kinerja Tinggi, diampu oleh instrukstur PPPOMN,Innike Sintawatie M, STP.,M.Si. Untuk kelancaran penyelenggaraan kegiatan, penanggung jawab Dr. Suyanto., S.P., M.Si dan sekretaris  Intan Dian Nurfadillah, S.Si., berkomitmen untuk melaksanakannya dengan baik.

Pertemuan Teknis JLPPI-2021

 

Hasil evaluasi, Bimtek telah dilakukan dengan baik. Di akhir pelatihan, peserta mengikuti pembelajaran pengolahan data dan melakukan penyusunan laporan yang  dipandu instruktur secara luring, kemudian dilanjutkan dengan diskusi terhadap hasil praktikum yang diperoleh. Kemampuan awal peserta diketahui dengan nilai rata-rata 50 dan diakhir pelatihan dengan capaian nilai 90, jadi peningkatan kemampuan peserta sebesar 40,28%. Hasil evaluasi terhadap penyelenggaraan pelatihan, diperoleh kesimpulan bahwa pelatihan telah diselenggarakan dengan baik. Dengan Bimtek ini diharapkan personil pengujian memperoleh pengetahuan tentang mikotoksin, dapat melakukan pengujian okratoksin-A secara KCKT serta mampu menerapkannya di tempat kerjanya masing-masing.

Pertemuan Teknis JLPPI-2021

Penulis:

Suyanto (Kelompok Substansi Kimia Pangan Olahan dan Air, PPPOMN)